Mempermudah Mind Mapping Dengan VYM

Di jaman yang modern ini, semakin banyak barang canggih yang bisa membuat barang-barang “kuno” bisa “punah” alias ilang . Contoh paling konkret adalah televisi dan komputer. Dulu televisi tidak berwarna alias hitam putih dan juga memiliki antena untuk menangkap sinyal. Sehingga kesannya jadi agak ribet dan juga ‘nggak’ asik , karena kita tidak bisa melihat warna aslinya.  Tapi sekarang, televisi sudah berwanra, tidak memiliki antena. Bahkan televisi jaman sekarang semakin bagus-bagus dengan berbagai macam bentuk mukai dari bentuk biasa sampai flat.

What’s VYM?

Nah…. dalam dunia pendidikan juga semakin canggih , salah satunya yaitu pembuatan mind mapping dengan menggunakan sofware VYM (View Your Mind) . Mungkin software ini masih terkesan sedikit asing di telinga kita, karena biasanya kita membuat mind mapping dengan grafis maupun gambar tangan. Namun dengan VYM , kita bisa membuat peta pikiran dengan lebih cepat dan praktis. Jadi, media belajar kitapun semakin asik dan cepat dapat dipahami. Tidak usah ribet ribet lagi buka-buka buku yang tuebeel-tuebeel yang bikin kepala tambah pusing . Atau bikin garis-garis ini itu di buku. Keren kan! It.s So Simple guys ..

Di bawah ini ada gambar Mind Mapping dengan cara manual dan juga gambar Mind Mapping dengan menggunakan VYM. Jadi kalian bisa bandingin hasilnya ^^

Gimana Cara Dapetinnya?

Kita bisa dapetin software VYM ini dengan gampang kok, tinggal download aja di Website resmi STIE Malangkucecwara ,yaitu http://www.stie-mce.ac.id terus ketik VYM di menu search , kemudian tinggal klik download deh. Selesai. Asik kan, gampang dapetinnya, gratis lagi.

Gimana Cara Penggunaannya?

Cara penggunaannya gampang banget. Disini akan saya jelaskan caranya melalui gambar-gambar yang sudah saya sediakan disini. Berikut adalah tampilan Mind Mapping dengan menggunakan VYM.

  1. Pertama-tama download dan install program VYM pada PC (komputer) atau Laptop kemudian setelah terinstall, buka program VYM tersebut.
  1. Setelah di klik, maka program software VYM akan terbuka, dan tampilannya seperti berikut.
  1. Jika sudah terbuka, maka VYM sudah bisa digunakan untuk mulai membuat Mind Mapping. Untuk membuat bagan-bagan sepeti pada cara manual, kita bisa dapatkan dengan cara klik kanan pada kotak “New map” dan kemudian pilih “add” dan terakhir klik “add branch as child”.
  1. Maka setelah itu, kita akan mendapatkan bagan seperti pada gambar di bawah ini.
  1. Nahh…. jadi kan bagan pertama kita. Setelah mengetik kata/tulisan pada kotak yang telah di sediakan tekan ENTER pada keyboard kita. Mari kita lanjut ke bagan selanjutnya. Dengan cara yang sama, klik kanan pada kotak yang baru terbentuk, kemudian klik “add”, dan klik “add branch as child”
  1. Taraaaa …. !! Jadi deh… Kita bisa modify sesuai dengan keinginan kita. Seperti menambahkan icon-icon lucu pada setiap bagannya. Seperti contoh di bawah ini

Demikian artikel dari saya tentang VYM (View Your Mind) STIE Malangkuҫeҫwara. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pangetahuan bagi kita semua. ^^

One thought on “Mempermudah Mind Mapping Dengan VYM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s